Tuesday, January 5, 2010

about being a doctor.


Hhhhh.
Sebenernya malem ini niatnya ga akan nulis blog.
Tapi berhubung butek baca buku diktat kuliah kedokteran, akhirnya mampir dulu deh disini.
heheheh.

Well, seperti anak kecil kebanyakan, dulu pun cita2 gw adalah ingin menjadi dokter.
Setiap kali ditanya orang "cita-citanya apa?", dengan mantap gw akan menjawab "DOKTER KANDUNGAN dong!"
Tanpa tahu, gimana sebenernya proses dalam menjadi seorang dokter itu sendiri.

Eyang dan tante gw emang berprofesi sebagai seorang dokter.
Dan karena celetukan gw itu, keluarga jd amat sangat bahagia dan excited karena ada salah satu anak/cucu mereka yg akan meneruskan pekerjaan mereka sebagai seorang dokter.

Dan di sinilah gw skrg.
Kuliah di fakultas kedokteran salah satu universitas swasta di bandung, dan sedang menjalani upaya keras untuk bisa menjadi dokter dalm waktu 5 tahun.

Gw nggak bilang gw nggak suka kedokteran lohh.
Terkadang gw cuma suka sirik sama fakultas lain yang liburnya lama, dan kuliahnya nggak tiap hari.

Dulu bayangan gw, yang namanya kuliah itu nggak akan tiap hari belajar kayak sekolah.
Cuma beberapa hari, dan hari2 lainnya gw bisa FREE dari segala macam kuliah dan tetek bengeknya itu.
Ternyata. . di kedokteran tidak seperti itu saudara2.

Di kedokteran, gw merasakan yang namanya kuliah setiap hari, pulang langsung ngerjain tugas, ngapalin buat tes (karena selalu ada tes setiap hari di fak. kedokteran gw), nyicil buku diktat kuliah yg setebel2 yellow pages karena bakal di tes setiap akhir bulan (yup, gw ujian setiap bulan!), dan lain-lain.

Dulu emang gw sempet nggak percaya sm orang yg bilang kalo kedokteran itu berat, nggak ada waktu buat yg lain, bla bla bla. .
but now, i believe that for 100%.

Is it really takes almost all of my time? Definitely, yes.
Emang nggak semuanya, tapi kalo gw lg main sm temen2 pun, gw jadi nggak bisa tenang karena tugas dan hapalan selalu menunggu di meja belajar gw.
Lebay?
hmmm. . . untuk org yg NGGAK TERLALU PINTER seperti gw, mungkin nggak ya.

Jujur, sebenernya gw sendiri nggak tau apa kedokteran itu cocok buat gw apa nggak.
Pada saat tes, gw ikutan sampai 2x untuk akhirnya bisa masuk dan diterima di fakultas kedokteran.
Ujian masuknya sendiri melibatkan psikotest, seperti biasa.

Sempet gw mikir, "Apa mungkin sebenernya gw nggak cocok kali ya? Cuma karena gw apal soalnya aja, jadi gw bisa masuk di kedokteran."

Akhirnya saat gw masuk, dan mulai mengenal temen2 lain yang sama-sama keterima di kedokteran, gw tau memang sepertinya psikotest itu nggak pernah nipu.

Dari luar, orang itu mungkin nggak terlihat hebat sama sekali. Biasa aja, atau bahkan mungkin santai dan pecicilan banget.

Tapi pada saat nilai ujian keluar, nilai mereka adalah A.

..............

Dan parahnya, kedokteran memang dipenuhi oleh orang-orang yg seperti itu.


Orang2 yang kalo ditanya, "udah ngapalin belum?" jawabnya "aduh, belum dong. kemaren gw main ampe jam segini, bla bla bla. ."

Tapi akhirnya nilai ujiannya A.

Orang-orang yang kalo kuliah cuma bawa 1 buku, di kelas tidur, ngobrol, ketawa-ketawa, tapi kalo ditanya masalah metabolisme, transduksi sinyal, lalalala. . .

Mereka selalu bisa menjelaskannya dengan oh-god-it's-so-perfect.

Orang-orang yang hobinya bilang "Gila, lu tuh rajin banget ya. Gw mah udah butek kali baca yang gituan (buku kedokteran maksudnya). Liburan aja gw nggak nyentuh tu buku sama sekali."

Tapi akhirnya nilai mereka?
Tetep bagus juga.

Akhirnya...
Kedokteran itu pun menjadi tempat yang amat sangat TEPAT untuk menimbulkan rasa minder gw, karena dipenuhi oleh orang-orang yg sebenernya-mungkin-mau-merendah-tapi-kok-malah-jadi-rese-ya?

Jujur, gw bete sama orang begitu.
Apa mungkin mereka pengen dianggep pinter ya?
Biar disangka 'nggak belajar, tapi nilainya bisa bagus.'

Atau mungkin gw yang salah, terdampar di tempat orang2 luar biasa seperti itu.

..........................

Gw memang adalah tipe orang yg harus belajar keras untuk mendapatkan nilai yang bagus.
Tipe orang yang kalo baca harus berulang-ulang, baru bisa nempel.
Tipe orang yang kalo udah selesai ujian, langsung lupa sama yg udah dipelajarin mati-matian.

bisa dibilang manusia-dengan-ingatan-jangka-singkat.

Yang paling menjadikan miris adalah gw bener2 nggak punya jiwa pemberontak sm sekali.
Sehingga akhirnya gw tetep jalanin semua ini karena gw juga nggak mau ngecewain orang tua gw yang udah susah2 ngeluarin biaya buat gw masuk kedokteran.
Dan itu nggak sedikit sama sekali.

Untungnya,
Beberapa hari yang lalu gw menemukan jalan keluar dari ini semua.
Jalan keluar yang baik, tanpa mengorbankan perasaan orang tua gw, dan mengabaikan cita-cita sendiri.

Cita-cita??

Heheheh.
Cita-cita gw memang bukan lagi dokter kandungan.

Hihihi. . Gw bener2 ketawa inget celetukan gw sendiri.
GILA ! kandungan itu berat banget !
Di kedokteran, blok yang paling susah adalah tentang kandungan (Obstetri & Gynecology).
Bahkan pada saat ko-ass pun, jaga di bagian kandungan itu menjadi waktu yang paling berat dan melelahkan.

Jadi akhirnya, haluan pun diubah.

Gw juga nggak bisa ngebayangin diri gw sendiri kerja sebagai dokter yang mengemban tanggung jawab berat, dengan kemampuan gw yang cepet lupa ini.
Hihhhh. . ngeri !!

Lebih baik gw cari sesuatu yang lebih aman, yang gw sukain, yang MUNGKIN ilmu kedokterannya nggak terlalu banyak keluar pas prakteknya nanti.

Parah ya?

Hhhh. Sebenernya gw sendiri udah menyadari kalo kemampuan gw yg kayak gini bahaya buat jadi dokter.
Ga lucu juga kalo gw salah ngasih obat karena lupa nama obatnya apa.

Tapi alasan gw tetep sama.

............................


Gw nggak bisa ngecewain org tua.

NGGAK PERNAH BISA.

Setelah gw pikir-pikir. .
Karena gw selalu excited sama perkembangan make-up, betah banget berjam-jam di salon. .
Akhirnya gw putuskan untuk menjadi seorang beauty expert.

Lebih tepatnya mungkin dokter kecantikan.

...........................

Kalo ditanya apa itu bener2 cita-cita gw sekarang, mungkin iya.

Sebenernya,
Mungkin kerja di kantor, pake blazer, naik lift bolak-balik gedung pencakar langit di kota-kota besar (Jakarta, misalnya), akan lebih menyenangkan buat gw.

Cuma ya udah nggak bisa juga lah. .

Lagian gw juga udah lumayan tau gimana kerja seorang dokter kecantikan, tahap apa yg harus gw tempuh, jenjang apa yang harus gw ambil, dan lain-lain.
Mudah-mudahan, karena nanti semuanya udah lebih spesifik, yang gw wajib kuasain juga ga akan terlalu banyak lagi.

Nggak mungkin juga kan gw belajar tentang embriologi padahal masalahnya ada di kulit??

Hhhhh.
Panjang juga ya curhatnya.
hahahahah. . .

Habis gw nggak tau ngelampiasin kemana.
Karena gw suka nulis, akan lebih baik kalo gw nulis tentang apa yang gw rasain kan?

Dan, ada satu pelajaran sebenernya yang gw tangkep dari masalah gw sendiri.


...............................

Mungkin udah seharusnya juga orang tua itu ngerti apa yang jadi keinginan anak.

Yang gw rasa, mereka harus peka sama kemampuan anak, percaya sama impian yang diinginkan si anak, selama itu positif buat dirinya dan juga orang lain.

Satu lagi.

Nggak maksa seorang anak untuk menjadi dokter!
Karena kedokteran itu BERAT SEKALI pak, bu !
Kalo bukan orang yang tekun, suka baca, mendingan jangan lah.

Lagian orang tua manapun juga pasti nggak akan mau kan anaknya ngelakuin malpraktek atau dilemparin batu karena nggak mau ngobatin pasien?
Apa bakal jadi bangga kalo anaknya itu jadi dokter yang nggak ikhlas dan sepenuh hati?

Hmmm. .
Lebih baik dipikirkan lagi ya.

Boleh aja sih kalo anaknya mau, dan emang luar biasa pinter.
hehehhe.

Ya suddddd.
Thanks for reading anyway :)

Enjoy your night, everyone!

No comments:

Post a Comment